kapur barus campuran bensin untuk menaikkan bilangan oktan

Kali ini saya ingin membahas cara penggunaan kapur barus ( atau sering di kenal juga dengan nama kamper / kecoak killer ). Mudah-mudahan ini bisa membantu anda dan Negara ( dengan mengirit BBM, kita secara langsung membantu negara dan juga diri sendiri untuk menuju masa depan yang cerah… cieeee). Kenapa saya ingin menjelaskan ini? Kenapa menurut saya penggunaan BBM harus di perhatikan? berikut alasan mengapa saya ingin penggunaan BBM lebih effektif:
Alam. Alam kita ini ada batasnya, jika kita perlakukan alam seperti yang sudah kita lakukan seperti yang kita sudah lakukan di masa lalu ke masa depan, maka alam kita ini tidak akan bertahan lama. So help me, helping you.

Irit BBM, hemat dompet. Mau kita pakai pertamax (plus) atau jenis lainnya, ujung-ujungnya kita tetap harus bergerak. Andaikan anda menggunakan motor anda 50 KM / hari, jika anda membutuhkan 1,5 liter bensin untuk menempuh jarak yang anda butuhkan bisa di irit 10-30%, berapa banyak anda menghemat BBM / dompet? Setiap orang beda-beda perhitungannya.

Perawatan motor. BBM type premium mengandung oktan / octane sebanyak 88. Pertamax 92, pertamax plus 95. Jika mesin anda memiliki kompresi di atas angka 9.0 anda membutuhkan minimal BBM type pertamax ( oktan / octane 92, cocok untuk kompresi mesin 9.0 sampai 10.0 ), jika anda menggunakan BBM premium yang kadar oktan / octane nya hanya 88, cepat atau lambat anda akan menghadapi “knocking” ( suara nge-gilitik dari mesin ). Ini sangat berbahaya untuk mesin anda, yang jika kejadiannya berkepanjangan akan mengangibatkan turun mesin…dan biayanya ( untuk banyak orang ) akan membuat anda sendiri pusing.

Membantu negara, kenapa sih penting banget membantu negara? sudah banyak orang mungkin kecewa dengan sinergi pemerintah yang selalu kita lihat di layar tv/dunia maya/korang, tapi kita tidak boleh berfokus ke sini, masih juga banyak orang di pemerintahan yang bener. Yang membutuhkan biaya untuk membangun negara ini. Jangan sampai mereka yang membutuhkan kita, terikat karena biaya yang di butuhkan untuk membantu masyarakan tidak cukup dan harus menunggu dana di masa depan…let’s help them.

– Dan alasan lainnya.

1 ( satu ) butir kapur barus / kamper cocok untuk 10 Liter BBM Premium

Ok deh, sekarang unek-unek sudah di keluarkan, giliran saya menceritakan bagaimana cara menggunakan kapur barus / kamper dengan benar ke dalam mesin anda.
– Beli kamper / kapur barus di swalayan terdekat anda.
– Cari kamper yang bentuknya seperti permen mentos, bukan seperti bola. Karena kita akan memotongnya agar penggunaan “tepat”. (Saya selalu membeli kamper merek Bagus 150 Gram)
– Ingat, 1 ( satu ) butir kapur barus / kamper cocok untuk 10 Liter BBM Premium
– Buka kantong kapur barus dan potong-potong sesuai kebutuhan (saya memotong sebagian besar 1/2 ( setengah ), dan beberapa saya potong 1/4 ( seperempat ).
– Masukan potongan-potongan ke dalam tupper / tulip ware yang kedap udara.
– Ambil potongan yang anda butuhkan ( contoh, saya butuh 1/2 potongan, karena saya baru saja mengisi 4,4 liter BBM atau Rp 20.000,- )
– Hancurkan potongan kamper di antara 2 kertas ( atau benda lainnya yang menurut anda cocok ). Penghalusan kamper di lakukan agar penyerapan kamper dengan BBM agar lebih cepat di bandingkan jika anda memasuki kamper dalam bentuk utuh.

– Masukan “bubuk” kapur barus / kamper ke dalam tanki bensin di motor anda.

– Tunggu sebentar agar campuran bubuk kapur barus / kamper menyatu dengan BBM (kira-kira 1 sampai 5 menit)
– Silahakan menggunakan motor anda.
– Jangan lupa menyimpan peralatan / benda2 yang anda gunakan untuk mengerjakan ini ke dalam tempatnya.

Lebih baik kurang, dari pada berlebihan

Tip:
Di karenakan pembelian / ukuran tengki bensin semua orang berbeda-beda, mungkin banyak orang akan bertanya-tanya bagaimana jika pembelian BBM tidak mencapai sampai 5 liter atau lebih?
Menurut cerita yang saya dengar, “Lebih baik kurang, dari pada berlebihan”. Dengan ukuran penggunaan 1 butir kapur barus bisa mencukupi 10 Liter BBM, saya sarankan untuk membeli “Pure” BBM premium minimal 2,5 liter. Dengan segitu, anda bisa memasukan 1/4 potongan kapur barus / kamper ke tengki bensin anda. Jika anda memotong kamper lebih kecil, maka kamper anda akan berantakan.
Penggunaan ini tidak terbatas hanya di motor saja, untuk pemakaian di Mobil pun bisa. Tip ini saya dapatkan dari seorang supir expat dengan tipe mobil Toyota Camry 3000 CC yang di mana dia juga menggunakan cara ini di mobilnya.
Testing:
Saya pribadi sudah melakukan test dengan 2 tipe motor, yaitu:
– Pulsar sebanyak 750 KM (2 tengki penuh).
– Minerva GTR 170 sebanyak kira 4000 KM ( 2 bulan ) and counting 😀 .
Silahkan tinggalkan komentar anda jika anda telah menggunakan tip saya ini.

Selamat mencoba.

 sumber delta76.weebly.com

3 responses to “kapur barus campuran bensin untuk menaikkan bilangan oktan

  1. Apa sudah dilakukan pengujian berapa peningkatan nilai oktan pada premiumnya gan?

  2. efek untuk mesin ap om??

  3. untuk ke depannya mesin motornya gimana?… om

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s