soal-soal un kimia

Kepada ananda kelas XII IPA untuk menguatkan materi materi kimia dalam persiapan menghadapi UN 2017 kami posting soal soal UN… silahkan di dowonload

soal-un-kimia-2016

soal-un-kimia2015

soal un-kimia-2014

soal-un-kimia 2013

soal-un-kimia 2012

soal-un-kimia 2011

soal-un-kimia 2010

rangkuman-kimia-siap-un-2017

Pengertian uranium – Uranium adalah benda logam kelabu berwarna keperakan warna putih, namun ternyata berubah atau teroksidasi menjadi hitam ketika terpapar dengan atmosfer atau udara, Dalam tabel periodik Uranium memiliki lambang U bernomor proton 92. Uranium memiliki 92 proton dan 92 elektron. Inti uranium mengikat sebanyak 141 sampai dengan 146 neutron. sehingga terdapat enam isotop uranium.
Isotop yang paling umum adalah uranium-238 ( 146 neutron) dan uranium-235 (143 neutron). Semua isotop uranium tidak stabil dan bersifat radioaktif lemah. pada awalnya uranium digunakan untuk mewarnai sutra dan porselen kapal.

Sejarah penemuan uranium

Uranium ditemukan oleh kimiawan Jerman Heinrich Klaproth Martin pada tahun 1789 dari mineral yang disebut bijih-bijih uranium. Dia menamakan nya ‘Uranit‘. Tapi, setelah satu tahun KIaproth merubah namanya menjadi Uranium. Pada akhir abad kedelapan belas ilmuwan telah membuat banyak senyawa logam ini.
Pengertian dan sejarah penemuan uranium
Pada tahun 1896 Henry Becquerel menemukan radioaktivitas dalam uranium. Uranium alam adalah campuran dari dua isotop utama – Uranium-238 dan uranium 235. sebanyak 99,27% Uranium yang ditemukan di alam adalah uranium-238 dan 0,72% adalah Uranium-235.

Fungsi dan penggunaan Uranium

Sinar radioaktif yang keluar dari inti Uranium sangat berguna. Sinar ini digunakan dalam pertanian, industri, biologi dan penelitian medis. Penggunaan lain Uranium adalah di bidang energi nuklir. Pada tahun 1938 proses fisi nuklir ditemukan Fisi nuklir adalah proses di mana inti atom Uranium-235 dibagi menjadi dua bagian oleh penembakan neutron, maka energi yang luar biasa yang dihasilkan. Bom-bom atom dibuat melalui proses ini yang kemudian pada tahun 1945 yang digunakan Amerika dan sekutu untuk melawan Jepang pada Perang Dunia II.

Penggunaan Untuk pembangkit listrik tenaga nuklir

Saat fisi nuklir digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Anda akan terkejut bahwa satu pon Uranium menghasilkan energi setara dengan yang didapatkan dari  tiga juta pon pembakaran batu bara Oleh karena itu, Uranium-235 isotop digunakan dalam reaktor nuklir untuk produksi energi listrik. Energi yang dihasilkan dalam reaktor nuklir digunakan untuk memanaskan air untuk membuat uap. Uap ini berfungsi untuk menjalankan turbin sehingga menghasilkan listrik
Penggunaan Uranium juga digunakan untuk menyerap sinar-X dan sinar gamma. oksida ini digunakan sebagai katalis dalam beberapa reaksi kimia. Ada empat bagian Uranium di setiap satu juta bagian dari kerak bumi. Senyawa-senyawa Uranium juga ditemukan di bebatuan. Bijih uranium adalah salah satu bijih penemuan penting untuk umat manusia. uranium banyak ditemukan dalam jumlah besar di Inggris, India dan Afrika. sumber referensi Yousigma.com what is uranium dan wikipedia Sekian semoga bermanfaat artikel ini tentang Pengertian dan sejarah penemuan Uranium
Iklan

2 responses to “soal-soal un kimia

  1. Ping-balik: PERSIAPAN UN SMA DAN SOAL KIMIA | kimia untuk kehidupan yang lebih baik

  2. Ping-balik: POS UN 2017 DAN KISI KISI UN | kimia untuk kehidupan yang lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s